Tuesday, April 12, 2011

MACAM-MACAM JIN

Jin di ciptakan oleh Allah sebelum Allah menciptakan manusia.


Allah berfirman di dalam Al qur’an surah Al hijr ayat 27 yang artinya :


“Dan Jin kami ciptakan sebelum Adam dari api yang sangat panas “.(Al hijr ayat 27)


Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam hadist muslim juz 18 halaman 123 yang artinya :


“Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Malaikat di ciptakan dari cahaya dan jin di ciptakan dari ujung julatan api dan Adam di ciptakan dari apa-apa yang si fati untuk kamu”. (muslim juz 18 halaman 123)


Jin adalah mahluk halus yang di ciptakan sebelum Allah menciptakan manusia. Populasi mereka lebih banyak dari manusia. Kalau saja manusia di seluruh dunia sa’at ini sudah hamper enam milyard , maka jumlah jin yang dalam satu kelahiran manusia lahir Sembilan jin , dapat kita bayangkan betapa banyaknya jin yang hidup di bumi ini.


MACAM-MACAM JIN


Jin-jin itu terdiri dari :


1. jin-jin yang bisa terbang di angkasa
2. Jin-jin yang terdiri dari heawan-hewan seperti : ular,kalejengking,anjing.kucing,harimau,sapi ,onta,kuda,bighol,burung dan lain-lain.
3. Jin-jin yang berbentuk seperti : Anak adam (manusia) , mereka hidup bernegara, berbangsa dan bertanah air .


Di riwayatkan di hadist Tabrani wal hakim wal bayhaqi:


“Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam : jin itu ada tiga macam 1). Jin yang mempunyai sayap mereka terbang di angkasa , 2). Jin yang terdiri dari ular dan kalajengking, 3). Jin yang bermukim dan berpergian”. (Tabrani wal hakim wal bayhaqi)


Di riwayatkan dalam hadist Ibnu hiban wat tabrani fil kabir:


“Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam : Ular itu adalah jelmaan jin seperti orang-orang Bani israil di rubah menjadi kera dan babi”. (Ibnu hiban wat tabrani fil kabir)


Di riwayatkan dalam hadist Al hakim:


“ Dari Abi hurairah : sesungguhnya Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : di atas punuk tiap-tiap onta itu ada syetan , maka hinakanlah mereka dengan di naiki. Karena sesungguhnya Allah ta’ala yang membawanya”. (Al hakim)


Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam hadist muslim juz 4 halaman 226 yang artinya :


‘Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam : anjing hitam itu syetan”


Di riwayatkan dalam hadist Ibnu Abi Dunya:


“Dari mujahid berkata : pada suatu malam ketika aku shalat , tiba-tiba berdiri menyerupai anak kecil(jin) di hadapanku , maka aku berusaha sekuat tenaga untuk menangkapnya , maka dia berdiri dan meloncat di belakang tembok sehingga aku mendengar suara jatuhnya , maka ia tidak kembali lagi kepadaku sesudah itu”.( Ibnu Abi Dunya).


Di dalam tafsir Ibnu katsir di terangkan ketika terjadi perang Badar , Iblis menjelama manusia seperti rupa Suroqoh bin Malik pimpinan Bani Midlay untuk membantu orang kafir tetapi dia lari terbirit-birit setelah melihat Malaikat Jibril datang membantu Nabi Sallallahu ‘alaihi wasallam dan kaum muslim.


Ini semua sebagai bukti bahwa jin-jin itu ada yang bisa terbang ada yang berupa hewan dan ada yang berbentuk manusia .


TEMPAT TINGGAL JIN


Kalau saja manusia itu hanya menempati sebagian daratan bumi , maka jin sesuai dengan sifat dan macam-macamnya . Yakni pertumbuhan dan perkembangannya lebih cepat dan lebih banyak daripada manusia , jadi jumlah mereka berlifat ganda lebih banyak daripada manusia. Sesuai dengan macam-macam jin, sebagian mereka bertempat tinggal di lautan, di sungai-sungai, di danau-danau , di sumber-sumber mata air. Sebagianmereka bertempat di angkasa karena mereka bisa terbang seperti burung . Dan sebagian mereka bertempat di tempat-tempat kosong di padang sahara , di hutan-hutan , di pulau-pulau, yang tidak di huni oleh manusia. Dan sebagian mereka lagi adalah hidup berdampingan dengan manusia di rumah-rumah, di desa-desa, di kota, di mana saja.


Jin bertempat tinggal di gunung-gunung ,hutan-hutan,jurang-jurang.


Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam hadist muslim juz 4 halaman 170 yang artinya :


“Dari Ibnu Mas’ud berkata : Kami bersama Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada suatu malam, maka kami kehilangan beliau selanjutnya kami mencari di jurang-jurang dan di lereng-lereng gunung, kami berkata : Beliau di bunuh secara samar (di culik), maka kami bermalam dengan sejelek-jeleknya malam yang kami bermalam di dalamnya. Ketika datang waktu subuh tiba-tiba beliau datang dari arah gua Hiro, kami berkata: Ya rasullullah kami kehilangan engkau dan kami mencari, tetapi tidak menemukan engkau maka kami bermalam dengan sejelek-jeleknya malam yang kami bermalam di dalamnya. Maka Bersabda Nabi : Datang kepadaku seorang da’I jin maka aku pergi bersamanya aku membacakan Qur’an kepada mereka. Berkata Ibnu Mas’ud : Maka Nabi berangkat bersama kami dan beliau memperlihatkan bekasmereka jin dan bekas api mereka. Mereka (jin) minta bekal kepada Nabi maka beliau Bersabda : Tiap-tiap tulang yang di sebut asma Allah jatuh di tangan kamu lebih sempurnanya daging dan tiap-tiap kotoran binatang kamu sekalian.Maka Nabi Bersabda : Jangan kamu cebok dengan ke duanya karena itu adalah makanan saudaramu”. (muslim juz 4 halaman 170)


JIN BERTEMPAT DI RUMAH


Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam hadist rawahu Ibnu Abi Dunya :


“Tidak ada ahli rumah kecuali wuwungan atap rumah mereka ada jin, jika di letakkan makan siang maka mereka turun makan siang bersama ahli rumah dan makan sore juga begitu”.( rawahu Ibnu Abi Dunya)


JIN BERTEMPAT DI WC


Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam hadist Abu Daud , hadist Nasa’I dan hadist Ibnu majah:


“Sesungguhnya tepat berak (WC) ini di datangi Jin , Maka jika salah satu kamu sekalian datang di WC , bacalah :
 [بِسْمِ اللهِ] اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ  Ya Allah aku mohon perlindungan kepadamu dari kejahatan syetan laki-laki dan syetan perempuan”.( Abu Daud, Nasa’I, Ibnu majah)


JIN BERTEMPAT DI LOBANG


Bersabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam hadist Nasa’I, Abu Daud dan Ahmad:


“Nabi bersabda : Jangan sekali-sekali seseorang dari kamu kencing di dalam lobang. Mereka bertanya kepada Qotadah : Apa sebabnya kencing di dalam lobang itu di benci ? Qotadah berkata : Karena lobang itu adalah tempat tinggal jin”. (Nasa’I, Abu Daud , Ahmad)


NAH BAGAIMANA APA SUDAH PAHAM TENTANG MACAM-MACAM JIN..? KALAU BLOM KOMENTAR AZA DI BAWAH,
OH YA MAU TAU CARA MENGOBATI ORANG KESURUPAN ATAU KE JINNAN..? MAKANYA IKUTI TERUS BLOG INI OKE..!!
















1 comment:

senzei said...

SILAHKAN BERI KOMENTAR , MALU BERTANYA SESAT DI JALAN

Post a Comment